KUNCI JAWABAN SIMULASI DIGITAL HALAMAN 197



 E. Tes Formatif Hlm. 197

1. Jelaskan Pengertian buku digital, fungsi, dan tujuannya!
2. Jelaskan minimal 3 jenis format buku digital beserta perangkat lunak alat bacanya!
Jawaban
1.      Pengertian : Buku digital atau e-book merupakan sebuah buku elektronik yang terdiri atas teks, gambar, video, maupun suara, dan diterbitkan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun perangkat elektronik lainnya, memiliki jenis file yang beragam seperti ePub, Pdf, Azw, Mobi, KF-8 dll.
Fungsi :
1)    Sebagai salah satu alternatif media belajar Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
2)    Sebagai media berbagi informasi. Dibandingkan dengan buku cetak, buku digital dapat disebarluaskan secara lebih mudah, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuatnya sendiri.
Tujuan :  
1) Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya. Ia cukup berkunjung ke salah satu laman toko buku daring dan mendistribusikan bukunya secara mandiri.
2) Melindungi informasi yang disampaikan. Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah, ataupun hilang, buku digital yang berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Andaikata data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
3) Mempermudah proses memahami materi ajar. Dalam perangkat lunak buku digital, Guru dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, menampilkan file multimedia (audio dan video) yang dapat diputar untuk memperkaya konten buku. Hal tersebut sangat membantu siswa memahami materi ajar dengan lebih baik dan lebih cepat.
2. 1. EPUB Electronic Publication. Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini adalah standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB dapat ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing memiliki DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum digunakan secara luas. Menggunakan Tablet dan Smartphone, Telepon Seluler.
2. PDF - Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat memiliki masalah dengan PDF karena kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca ketika diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital dapat menyusun ulang tampilan beberapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil. Menggunakan Komputer/laptop
3. MOBI – Format Mobi Pocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga. Menggunakan Komputer/laptop.




E. Tes Formatif Hlm. 216
1. Sebutkan dan jelaskan secara singkat langkah-langkah menyiapkan bahan materi rekaman audio dan rekaman video!
2. Mengapa rumus atau equation harus dijadikan gambar terlebih dahulu sebelum dikonversi!
3. Jelaskan secara singkat langkah-langkah pengembangan buku digital dalam format ePub!
4. Sebutkan format audio dan video yang dapat diputar pada buku digital!
Jawaban
1. Langkah-langkah menyiapkan video dalam format mp3 untuk buku digital adalah sebagai berikut :
1. Buka Format Factory, kemudian pilih Audio all to mp3
2. Setelah itu cari file yang akan diubah dengan menekan add file atau add folder
3. Tekan tombol OK jika file sudah masuk
4. Tekan tombol Start untuk memulai konversi2. hal ini untuk menghindari tata letak yang berantakan akibat proses konversi ke format ePub.
5. File yang sudah berhasil di konversi akan berada di folder My Documents > FFOutput
Langkah-langkah menyiapkan video dalam format mp4 untuk buku digital adalah sebagai berikut :
1. Buka Format Factory, kemudian pilih all to mobile device
2. Setelah itu atur Bitrate (KB/s) menjadi 800 KB/s
3. Untuk menambahkan video tekan tombol Add File
4. Tekan tombol Start untuk memulai konversi
5. File yang sudah berhasil dikonversi akan berada di folder My Documents FFOutput
3.  a. Konversi materi menjadi ePub  
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam pengembangan buku digital adalah perubahan materi yang dimiliki menjadi format ePub. Materi yang dapat diubah menjadi format ePub adalah materi dalam bentuk word atau pdf.
b. Memberi Identitas Buku
Untuk memberikan identitas buku digital seperti kolofon, sampul buku, indentasi dapat digunakan perangkat lunak Sigil. Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka file html yang telah dikonversi ke dalam Sigil dengan cara Sigil File Open, kemudian pilih html yang telah dibuat.

c. Memasukkan File Multimedia ke dalam ePub.
Sejak versi 7.0, Sigil telah mendukung import file rekaman video dan rekaman suara ke dalam dokumen epub. Untuk saat ini format yang telah didukung oleh epub adalah:  Video: (mp4, webm), Audio: (mp3, wav, ogg)
4.  a. Video: (mp4, webm)
b. Audio: (mp3, wav, ogg)



















E. Tes Formatif Hlm. 225
1. Apa yang dimaksud dengan penerbit digital dan sebutkan 4 penerbit digital yang Anda ketahui!
2. Jelaskan langkah-langkah menerbitkan buku digital pada salah satu penerbit buku digital yang Anda ketahui!
Jawaban
1.      Penerbit digital adalah penerbit yang menerbitkan buku melalui digital atau melalui media elektronik seperti internet dan lain-lain.
1. NulisBuku
Nulisbuku dengan alamat http://nulisbuku.com sebagai alternatif pilihan apabila penulis ingin menerbitkan bukunya.
2. QBaca
QBaca dengan alamat website  http://qbaca.com  merupakan salah satu toko buku digital yang menyediakan koleksi buku-buku digital dari berbagai penerbit, baik buku gratis maupun buku berbayar.
3. Seamarket Seamolec
SEA Market Appstore merupakan situs yang menampung aplikasi-aplikasi lokal yang menjadi mediaperantara bagi para pengembang dengan konsumen. Aplikasi dapat diakses dengan mengunjungi alamat http://seamarket.seamolec.org.
2.   Masuk ke halaman unggah aplikasi dengan menekan tombol navigasi “My Apps” kemudian pilih “Upload Apps”
  Untuk mengunggah  installer  aplikasi, klik tombol “Add files” pada panel “upload your application”
   Untuk mengunggah  screenshoot  aplikasi, klik tombol “add files” pada panel “add screenshoot”
    Jika telah dipilih tekan tombol  start upload  untuk memulai upload resource
    Sertakan informasi dasar seperti judul buku, harga kategori deskripsi dll.
    Tekan tombol “Submit Apps” untuk memroses pengunggahan

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer