perbedaan edmodo dengan facebook, fitur-fitur edmodo dll.

edmodo
facebook
Siswa tidak dapat membangun jaringan pembelajaran pribadi.
Memungkinkan “siapa saja” untuk membuat jaringan pertemanan maupun jaringan pembelajaran.
Guru membuat kelas,dan membagikan kode kelas kepada siswa sebagai password.
Tempat terbuka bagi siapa saja untuk membuat jejaring pembelajaran pribadi menggunakan group.
Tidak memerlukan informasi umur karena siswa di bawah pengawasan seorang guru.
Mengumpulkan informasi pribadi para peserta.
Dapat diakses dari sekolah.
Kebanyakan situs FB diblokir oleh sekolah.
Memiliki model pendanaan dari sumber lain.
Didanai oleh iklan.
Kelompok tertutup, hanya yang terdaftar, yang dapat menjadi peserta.
Kelompok yang terbuka.
Tidak memungkinkan pengiriman pesan antarsiswa (chatting).
Dapat mengatur profil pribadinya untuk menerima atau tidak menerima pesan.
Dapat terkoneksi dengan kawan kawan di kelas maupun kelas lain.
Dapat terkoneksi secara bebas kepada kawan kawan yang di kehendaki.
Memang di rancang untuk pembelajaran dengan sistem yang rapi dan lebih baik untuk tugas siswa.
Agak kurang nyaman karena terlalu terbuka.
Jika dikehendaki orang tua dapat di ikutsertakan untuk melihat aktivitas kelas.
Orang tua hanya melihat informasi umum.
1. PERBEDAAN EDMODO DENGAN  FACEBOOK
2.  FITUR FITUR EDMODO DAN PENJELASANYA
a.       Assignment
Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline dan fitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk  file secara langsung kepada guru. Selain itu, kiriman Assignment juga terdapat tombol “Turn In” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka dan guru dapat langsung menilainya.
b.      File and Links
Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan links pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlakuuntuk semua jenis ekstensi seperti  .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.
c.       Quiz
Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yang akan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Skor diperiksa oleh guru lebih dahulu.


d.      Polling
Polling hanya dapat di buat oleh guru untuk di bagikan kepada siswa. Biasanya guru menggunakan polling untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai hal tertentu yang berkenaan dengan pelajaran.
e.      Gradebook
Fitur gradebook digunakan sebagai catatan nilai siswa. Pemberian nilai dapat dilakukan oleh guru dan dapat di isi secara manual atau secara otomatis. Pengisian nilai secara otomatis hanya bisa dilakukan berdasarkan hasil skor Assignment dan Quiz. Penilaian pada gradebook dapat di export menjadi file .csv.
f.        Library
Fitur ini digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai sumber pembelajaran dengan konten yang beragam. Dengan fitur library, guru dapat meng-upload bahan ajar, materi, presentasi, sumber referensi, gambar, video, audio, dan konten digital lainnya.
g.       Award Badges
Fitur ini digunakan untuk memberikan suatu penghargaan baik kepada siswa maupun kelompok. Penghargaan dapat ditentukan oleh guru itu sendiri sehingga tidak menghambat kreativitas guru dalam memberikan penghargaan.
h.      Parents Codes
Fitur ini berfungsi member kesempatan kepada orang tua/wali masing-masing siswa dapat bergabung memantau aktivitas belajar dan prestasi putra putrinya, guru harus mengakses kode untuk orang tua siswa dan kemudian membagikannya pada masing – masing orang tua /wali. Akses kode untuk orang tua siswa dapat diperoleh dengan mengklik nama kelas. 

3. KELEBIHAN EDMODO SAAT DI APLIKASIKAN DALAM PEMBELAJARAN
a.   Siswa bisa berinteraksi dalam pantauan gurunya  (bebas cyber crime dan cyber bullying). Guru bisa ‘mengunci’ siswa dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa berkomentar pada seisi ‘kelas’ namun tetap ia bisa berkomunikasi  langsung dengan gurunya.
b.   Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan.
c.  Guru bisa memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar, yang kesemuanya bebas diunduh untuk oleh siswa dan dikomentari.
d.  Siswa bisa kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan PR bisa diberikan melalui edmodo. Siswa juga bisa mengumpulkan PR nya lewat edmodo, tinggal unggah saja.
e.   Edmodo memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
f.    Guru bisa mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar dan sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.

4. CARA MENGGUNAKAN NOTE DALAM EDMODO DAN LANGKAH LANGKAHNYA
a. Sign ke akun edmodo kita.
b. Klik type your note here.
c. Kemudian ketik catatan kita dan pilih ke siapa saja kita yang akan kita kirim, kemudian kalau ingin menyertakan file, link atau library tinggal pilih yang dibawahnya itu (misal pengin melampirkan gambar atau pdf atau word, dll).
d. Kemudian klik di kolom send to, nah disitu nanti akan muncul daftar kelas atau guru, tinggal dipilih ingin dikirim ke salah satu orang atau ke semua atau ke gurunya (di klik saja), kalau sudah pilih send.
 
 5. PERBEDAAN PEMBELAJARAN KELAS KONVENSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN KELAS MAYA

Kelas Konvensional
Kelas Maya
Dapat langsung bertatap muka.
Tidak dapat langsung bertatap muka
Guru menyampaikan materi secara langsung kepada siswa secara lisan.
Guru mengunggah materi yang akan di sampaikan kepada siswa pada grup kelas maya tersebut.
Tidak harus menggunakan jaringan internet, karena dapat di lakukan pembelajaran secara langsung. Namun, jika perlu menggunakan jaringan internet  juga bisa.  
Harus menggunakan jaringan internet  yang baik, jika tidak begitu maka tidak bisa terlaksana pembelajaran yang baik.


Komentar

  1. As stated by Stanford Medical, It is really the ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 19 KG lighter than us.

    (And really, it really has NOTHING to do with genetics or some hard exercise and really, EVERYTHING related to "how" they eat.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "what"...

    TAP this link to reveal if this easy questionnaire can help you discover your true weight loss possibility

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer